DestinationStreet Food

Pesona Tanjunguma, Kampung Kuliner Ramadan

0

BEBUAL – Tanjunguma merupakan kampung tua yang ada di kota Batam, kebanyakan warga Tanjunguma berprofesi sebagai nelayan, sehingga tak heran jika Tanjunguma menjadi pusat penghasil laut mulai dari ikan, sotong, kerang, kepiting dan seafood lainnya. Rumah rumah yang ada di Tanjunguma pun masih khas dengan rumah yang terbuat dari kayu, dan dibangun ditepian laut.

Pada Bulan Ramadan, Tanjunguma mendadak jadi kampung kuliner, berbagai macam masakan yang dijual, aneka kue tradisional pun berlimpah disepanjang jalan masuk perumahan Tanjunguma. Seafood atau makanan laut menjadi andalan dari kampung kuliner tersebut,  dari Ikan  segar dengan segala ukuran, Cumi-cumi, Kerang, Gonggong (sejenis Siput Laut)  semua tersedia disana, demikian juga dengan aneka jenis minuman, tersedia dalam ragam yang cukup membingungkan untuk dipilih.

Untuk memasuki kawasan pasar tersebut, memang cukup sulit karena harus melewati gang-gang sempit, dengan lebar sekitar dua meter saja. Sehingga untuk kendaraan roda empat tidak disarankan untuk masuk ke sana, karena akan terhalang dengan sepeda motor yang terparkir di sisi jalan. Namun begitu tidak menyurutkan niat para penikmat ikan bakar Tanjunguma

Mendekati lokasi pasar, antrean kendaraan sudah cukup padat.  Masih radius 10 meter sebelum pintu masuk pasar, asap sudah menyambut ditambah lagi aroma ikan yang dibakar. Asap itu berasal dari tempat pembakaran ikan. 

Ikan-ikan segar itu dibakar setelah diolesi bumbu-bumbu yang diracik oleh penduduk setempat. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk membeli ikan-ikan tersebut, karena para penjual sudah sangat lihai mengolah ikan bakar itu. Beberapa ikan yang sudah dibakar akan digantung di atas tempat pembakaran. 

Dengan bumbu kuning yang sudah diolesi ke ikan, menjadi pemandangan yang cukup menggugah selera para pengunjung. Untuk harga ikan bakar di Tanjunguma terbilang terjangkau, satu ekor ikan bakar dihargai Rp 40 ribu hingga Rp 80 ribu tergantung ukuran dan jenis ikannya. 

Para pengunjung juga dapat memilih sendiri ikan yang akan dibakar untuk dibawa pulang. Jumlah penjual ikan bakar juga cukup banyak, sehingga pengunjung dapat bebas memilih ikan bakar yang diinginkan. (*)

Matano, Danau Purba yang Melegenda

Previous article

6 Lokasi Mancing Termantap di Kota Batam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Destination